iklan di pojokbanua

Besok, Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Kubah Basirih Banjarmasin

waktu baca 2 menit
Kamis, 2 Jun 2022 19:03 0 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno bakal mengunjungi sekaligus menilai Kubah Habib Hamid bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih), pada Jumat (2/6/2022) besok.

IMG-20240616-WA0002

Terpantau pojokbanua.com, nampak panitia sedang menyiapkan acara yang bakal digelar, seperti pengecatan dan pembersihan di area kawasan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Habib Hamid bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih), Husin Lutfhie menyampaikan, Desa Basirih terpilih menjadi satu-satunya di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam kontes Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Alhamdulillah, sejak Kubah Basirih terpilih 50 besar dalam ADWI. Sejak itu, kami sudah melakukan semua persiapan yang matang,” ujarnya kepada pojokbanua.com, Kamis (2/6/2022).

Berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, seperti diskominfo untuk menyediakan baliho acara, Satpol PP dan Dishub sebagai pihak pengamanan, PUPR untuk perbaikan jalan dan lainnya.

Ada beberapa atraksi yang ditampilkan, pada acara itu. Bertujuan, sebagai penunjang ADWI dari seluruh peserta hingga akhirnya ada 50 desa yang terpilih.

“Pada 2022, ada 3.416 desa wisata. Ini merupakan semangat kebangkitan bagi kita semua. Kalsel telah lolos dari 500 hingga 50 besar peserta ADWI, dan terpilihlah Kubah Basirih bagian dari 50 besar tersebut,” tuturnya.

Selain itu, bakal menjadi ajang promosi bagi desa wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan omzet penjualan produk ekonomi kreatif. Di mana peran pemerintah daerah juga sangat penting dalam memberikan stimulus, sehingga menghadirkan para pedagang lokal dan meningkatkan kapasitas SDM.

“Diprediksi, pengunjung yang datang ribuan orang. Ada penampilan atraksi dari BPK/PMK Swakarsa dan Dinas Pariwisata yang akan ada penampilan hadrah dan Pasar Terapung. Dinas Perpustakaan akan menampilkan mobil baca, agar anak-anak bisa berpartisipasi dalam acara ini,” terangnya.

Apapun, menyiapkan souvenir dan kuliner. Saat acara, kondisi tetap berjalan seperti biasa dan tidak ada larangan pedagang berjualan.

“Kami tetap menciptakan suasana seperti biasa, suasana yang tidak dikunjungi oleh menteri. Tidak kami dilebih-lebihkan,” tambahnya.

Berharap, destinasi wisata Kampung Desa Basirih bisa memenangkan kompetisi ADWI ini. “Semua sudah kita upayakan, keputusan ada di tangan juri. Semoga, kita bisa diberikan kemenangan di kompetisi ini,” bebernya.

Sementara, Kasi Opsdal (Operasional dan Pengendalian) Satpol PP Banjarmasin, Hairuddin mengaku, pihaknya ikut melakukan keamanaan saat kunjungan menteri ke Kubah Basirih besok.

“Tadi kami baru saja memeriksa lokasi dan bisa memprediksi personel yang akan dikerahkan. Ada 30 orang yang bertugas. Alhamdulilah, untuk koordinasi dengan panitia pelaksana berjalan lancar dan dapat membantu perekonomian warga setempat,” tutupnya. (NS/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA