iklan di pojokbanua

Bertebaran Baliho Politisi Muda di Banjarbaru, Sinyal Maju di Pilkada 2024?

waktu baca 2 menit
Kamis, 4 Apr 2024 18:21 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Dalam beberapa waktu terakhir, wajah sejumlah politisi mulai mewarnai beberapa titik di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

IMG-20240616-WA0002

Ambil contoh Ketua Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Kalsel, Yuti Mahrita. Wajah wanita yang disebut-sebut maju dalam Pilkada Banjarbaru 2024 ini terpampang jelas di Jalan A Yani Kilometer 30, Banjarbaru.

Begitu pula dengan wajah salah satu politisi muda Partai Demokrat Banjarbaru, Andoko Abdi. Wajahnya terpampang jelas di sebuah baliho di Jalan A Yani Kilometer 33, Banjarbaru.

Apakah keberadaan baliho mereka menjadi sinyal untuk maju di Pilkada Banjarbaru? Akademisi Ilmu Komunikasi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Dr. Muhammad Alif melihatnya sebagai cara mereka untuk menyosialisasikan dirinya melalui baliho.

“(Karena) akan terjun ke pilkada, setidaknya mereka atau timnya ingin melihat. Apakah elektabilitasnya bisa naik atau tidak melalui (media) baliho,” ujarnya saat dihubungi pojokbanua.com, Kamis (4/4/2024) siang.

Lebih lanjut, doktor lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menjelaskan bahwa baliho merupakan salah satu saluran infromasi yang dapat dipakai dalam kampanye atau sosialisasi. Terlebih ketika ingin memperkenalkan diri sebagai calon ataupun ingin membentuk citra diri.

“Apalagi kelebihan baliho salah satunya adalah mudah dilihat, ditempatkan di lokasi eksklusif yang tepat sesuai dengan sasaran yang ingin dituju, memakai teknologi cetak yang bagus dan baik agar penggambaran pesan dan gambar pada baliho dapat dibaca dengan jelas,,” jelas akademisi yang merupakan warga Banjarbaru ini.

Alif mengungkapkan, penggunaan baliho sebagai wadah sosialisasi para politisi muda tersebut bukan sebagai gertak sambel semata. Namun sebagai tes ombak bagi mereka di mata masyarakat.

“Sampai di mana posisi elektabilitas dia sebagai calon dapat diterima oleh masyarakat,” ungkapnya.

Terakhir, Alif pun menyarankan kepada para politisi muda tersebut untuk menyusun visi, misi dan program utama secara jelas dan terperinci. Selain itu, penggunaan berbagai saluran media juga dipertimbangkan, utamanya media sosial (medsos) yang makin banyak digunakan saat ini.

“(Serta) memperkuat jejaring di masyarakat dan elit,” tuntasnya (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA