Berikut Kendala Disdukcapil Banjarbaru Soal Perekaman Identitas Pelajar untuk Hak Pilih

waktu baca 2 menit
Minggu, 17 Des 2023 08:22 0 216 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Perekaman identitas bagi pelajar sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat yang bakal menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang, terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banjarbaru.

Kendati terus bergulir, Kadisdukcapil Banjarbaru, Sri Fatma Karmailita mengaku jajarannya masih menghadapi kendala, saat melakukan perekaman identitas kependudukan bagi pelajar SMA atau sederajat.

“Terkadang, kita terbentur dengan kegiatan sekolah. Sehingga mereka tidak bisa ke luar (sekolah), tapi kami punya solusi dengan mendatangi ke sekolah,” ujarnya saat dikonfirmasi, belum lama tadi.

Fatma menuturkan, ada sekolah yang tidak bisa mengatur siswanya dalam perekaman identitas kependudukan. Sebab, kewenangan untuk sekolah jenjang SMA atau sederajat berada di bawah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Kita di kabupaten dan kota itu kendalanya (kewenangan, red). Jadi kami minta (bantuan) ke pihak provinsi, karena kebijakan untuk memerintahkan kepala sekolah itu (adalah) Gubernur,” bebernya.

Namun demikian, Fatma tak menampik jika kesadaran para siswa yang merekam identitas kependudukan secara jemput bola di sekolah cukup tinggi.

“Karena untuk siswa, kita sasar ke sekolah-sekolah untuk mengejar tercapai rekaman (identitasnya),” tuturnya.

Ditanya soal ketersediaan formulir rekaman kependudukan, ia mengklaim masih tercukupi. Apalagi, untuk memenuhi kebutuhan perekaman identitas bagi kalangan siswa yang menjadi pemilih pemula.

“Kalau kosong, maka identitas kependudukan digital (IKD) yang bakal dipakai,” tutupnya. (FN/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA