iklan di pojokbanua

Bebas PMK, Daging Sapi untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul Dipastikan Aman

waktu baca 2 menit
Minggu, 7 Jan 2024 20:04 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Dinas Pertanian Kabupaten Banjar memastikan ketersediaan daging sapi yang dijual di pasaran untuk memenuhi kebutuhan konsumsi jemaah pada pelaksanaan Haul Guru Sekumpul ke-19.

IMG-20240616-WA0002

Kasi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, drh Asep Yusuf mengungkapkan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan dua kali, sebelum dan setelah pemotongan.

“Istilahnya itu ante-mortem dan post-mortem. Jadi diperiksa sebelum dipotong, kemudian diperiksa lagi setelah dipotong,” ujarnya kepada pojokbanua.com, belum lama tadi.

Asep menambahkan, pemeriksaan melibatkan pemberian vitamin untuk memulihkan hewan yang kurang sehat, terutama pada sapi yang mungkin kelelahan atau memiliki masalah pada kaki akibat perjalanan.

“Selain itu, setiap sapi dipastikan bebas dari virus, termasuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sudah bebas di Kabupaten Banjar berkat vaksinasi yang gencar dilakukan,” ungkapnya.

Diakui, pihaknya rutin memeriksa kesehatan hewan ternak dari luar daerah maupun pedagang atau penjual sapi. Sapi yang sering disumbangkan untuk dapur umum pada Haul Guru Sekumpul umumnya adalah jenis Sapi Bali, dengan berat berkisar 250-350 kilogram per ekor.

“Berat dagingnya mencukupi untuk dibagikan ke beberapa dapur umum,” katanya.

Jumlah sapi yang akan dipotong m diperkirakan akan meningkat hingga lebih dari 200 ekor. Mengingat, kehadiran jutaan jemaah dari Kalimantan dan luar daerah.

Di sisi lain, Kepala UPT Rumah Pemotongan Hewan Kabupaten Banjar, Muhammad Taufik menyampaikan, saat ini baru tiga ekor sapi yang masuk ke rumah pemotongan hewan dalam rangka Haul Guru Sekumpul.

“Sebagian besar warga cenderung melakukan pemotongan mandiri di dapur umum,” bebernya.

Taufik menegaskan, pemotongan di rumah pemotongan hewan selama Haul Guru Sekumpul adalah gratis, asal untuk kegiatan ibadah seperti kurban atau haul. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA