iklan di pojokbanua

Bayar Kuliah Via Pinjol di ITB, Tuai Kritikan Mahasiswa se-Kalsel

waktu baca 2 menit
Selasa, 30 Jan 2024 20:18 0 Pojok Banua

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Menyoal skema pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) melalui pinjaman online (pinjol) yang disediakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) menuai kritikan, khususnya mahasiswa di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Berdasarkan data yang dihimpun, pihak ketiga yang bekerja sama dengan kampus tersebut yaitu
platform pinjol Dana Cita.

Menanggapi itu, salah satu mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, M. Rizky Abdillah mengungkapkan bahwa opsi pembayaran UKT melalui pinjol yang awalnya untuk mempermudah, pada akhirnya berdampak negatif kedepannya.

“Niatnya memang mempermudah, cuman kayak negatif saja dan kurang efektif juga,” ujarnya kepada pojokbanua.com saat dihubungi melalui Whatsapp, Selasa (30/1/2024).

Menurutnya, bunga cicilan pada skema tersebut lebih banyak mengandung mudarat daripada manfaatnya. Bahkan, ia menyarankan agar lebih memaksimalkan beasiswa yang menjamur di mana-mana.

“Masih banyak beasiswa yang masuk, baik dari kampus maupun instansi luar,” lugas mahasiswa asal Hulu Sungai Tengah (HST) itu.

Senada, salah satu mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Tahmidillah menyayangkan adanya skema pembayaran kuliah seperti itu.

“Hal yang tidak etis,” imbuhnya.

“Apakah mereka bisa menjamin? Pada akhirnya dengan adanya pinjol ini akan membebaskan mahasiswa dan membuat mereka lebih mudah mengakses keuangan,” tambah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) itu.

Sistem yang seperti itu menurut Tahmi akan merugikan banyak orang, masih banyak opsi yang lebih baik dibandingkan meminjam uang ke _platform_ pinjol.

“Seharusnya memberikan opsi lain, jangan menggunakan sistem ‘gali lubang tutup lubang’, misal dengan pengurangan pembiayaan atau membuat sebuah ketentuan untuk tetap bisa membayar UKT,” tuturnya.

Mahasiswa lainnya, Siti Auladiah mengatakan bahwa pembayaran dengan skema pinjol tersebut pasti memiliki pertimbangan yang cukup banyak, khususnya bagi para orang tua.

“Pertimbangannya yang pasti dari kesanggupan orang tua dan mahasiswanya, tapi kalau bisa jangan sampai pinjol,” harap mahasiswa yang kerap disapa Ula itu. (MG1/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA