iklan di pojokbanua

Batumbang Tani Manis, Motivasi Petani Muda Kembangkan Jamur Tiram

waktu baca 2 menit
Kamis, 7 Mar 2024 18:33 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar menyosialisasikan program Banjar Tumbuh Kembangkan Petani yang Maju, Mandiri dan Agamis (Batumbang Tani Manis) di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Martapura.

Plt Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Banjar, Nasrullah Shadiq mengatakan, Batumbang Tani Manis merupakan inovasi yang memiliki relevansi konsep Perencanaan berbasis THIS (Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial).

“Metode ini sebagai peningkatan minat para pemuda untuk bergerak di usaha sektor pertanian dalam rangka proses regenerasi petani,” ujarnya, Kamis (7/3/2024).

Selain itu, inovasi ini bertujuan menghasilkan wirausahawan muda pertanian di setiap kecamatan dan desa. Sehingga, diharapkan akan berdampak positif terhadap peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, mendukung ketahanan pangan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani.

Sasaran kegiatan pelaksanaan inovasi Batumbang Tani Manis di Kabupaten Banjar adalah generasi muda penduduk Kabupaten Banjar usia antara 20-45 tahun. Mempunyai usaha tani atau yang berminat berusaha di sektor pertanian.

Sementara, Koordinator BPP Martapura, Muhammad Yazidi berharap agar kegiatan Batumbang Tani Manis ini dilanjutkan karena berdampak terhadap masyarakat kepada petani. Sebab, kegiatan ini memberikan ilmu dari teori sampai praktik dan diikuti sampai pemasarannya.

Semua peserta nampak begitu semangat mengikuti kegiatan ini dari teori sampai praktik. Saat itu, narasumber, Muhammad Syafi’e menjelaskan tentang budi daya jamur tiram.

“Jamur tiram tumbuh baik pada media tanam yang terbuat dari campuran serbuk gergaji kayu, sekam padi dan kapur. Pastikan media tanam steril dan telah diolah dengan benar untuk menghindari kontaminasi yang dapat merugikan pertumbuhan jamur,” paparnya. (rls/WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA