iklan di pojokbanua

Bantuan Rehabilitasi Rumah, Komitmen Bantu Warga Banua Hidup Lebih Sejahtera

waktu baca 2 menit
Kamis, 19 Okt 2023 22:03 0 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, KABUPATEN BANJAR – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyerahkan bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) kepada warga penerima di Desa Tajau Landung, Sei Tabuk, Kabupaten Banjar, Kamis (19/10/2023) pagi.

Saat itu, dirinya menyempatkan untuk meninjau secara langsung rumah yang sudah direhab. Satu persatu ruangan dilihat kondisinya, guna memastikan rehab yang dilakukan telah berjalan sebagaimana mestinya.

“Kita berkomitmen untuk selalu hadir dalam membantu rakyat agar bisa hidup lebih sejahtera,” ucapnya.

Selain bantuan perbaikan rumah, beberapa bantuan langsung juga disalurkan kepada masyarakat seperti sembako, modal usaha bantuan bibit, pupuk dan lain-lain yang dibutuhkan masyarakat, khususnya bagi masyarakat miskin atau kurang mampu.

“Kita juga mempercepat perbaikan dan pembangunan baru berbagai infrastruktur seperti jalan, jembatan, fasilitas air bersih, tempat ibadah, serta infrastruktur lainnya yang dapat meningkatkan pengembangan sektor perekonomian, khususnya di wilayah pedesaan,” tuturnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel, Muhammadun melalui Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Gusnanda Effendi mengatakan, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal masyarakat.

“Melalui perbaikan atau rehabilitasi kondisi rumah tidak layak huni dengan prioritas atap, lantai dan dinding, serta lainnya. Penerima manfaat juga mendapat bantuan peralatan dapur keluarga seperti wajan, panci, talenan, termos, pisau dan lain-lain,” rincinya.

Kata dia, tahun 2023 melakukan rehab sebanyak 55 rumah tidak layak huni. Untuk Desa Tajau Landung, berjumlah empat rumah. Untuk mendapat program ini, berdasarkan usulan pemerintah kabupaten/kota. Kemudian, pihaknya mengidentifikasi rumah-rumah yang memenuhi kriteria.

“Kriteria tersebut termasuk kondisi fisik rumah yang tidak layak huni, ketidakmampuan finansial pemilik rumah dan yang lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu penerima manfaat, Armiah berterima kasih atas bantuan Paman Birin.

“Terima kasih banyak Paman Birin. Tidak ada yang bisa saya balas, kecuali dengan doa,” beber wanita yang berprofesi sebagai petani itu.

Ia berharap, bantuan seperti ini juga dapat diberikan kepada teman-temannya yang senasib. (adpim/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA