iklan di pojokbanua

Bantuan Modal dan Alsintan Masih Dibutuhkan Petani, Ini Harapan Penyuluh Petani di Banjarbaru

waktu baca 2 menit
Sabtu, 12 Nov 2022 19:03 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Kendati diproyeksikan akan masuk dalam kawasan lahan pertanian pangan berkelanjutan (LP2B), nyatanya para petani di Banjarbaru masih berharap bantuan dalam menekuni profesinya.

Penyuluh Petani Lapangan (PPL) Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarbaru, Tino Lukman Hidayat menuturkan, ada dua kendala yang dihadapi oleh petani, sehingga perlu mendapatkan bantuan. Yaitu, permodalan dan alsintan (alat mesin pertanian).

“Pertama yaitu permodalan. Karena hampir 50 persen petani saat musim tanam itu harus berutang dulu. Mereka akan membayarnya saat panen,” ujarnya.

Namun, akan menjadi masalah jika hasil panen belum baik. Tentunya berdampak pada penanaman yang akan datang.

Kemudian, lanjut Tino, bantuan alsintan masih sangat diharapkan oleh petani yang selama ini disampaikan oleh petani kepadanya. Pasalnya, unit alsintan untuk satu gabungan kelompok tani (gapoktan) masih kurang.

“Artinya, untuk lahan (sawah) di Kelurahan Bangkal seluas 850 hektare, membutuhkan sedikitnya 30 unit (alsintan),” sambungnya.

Tentunya, ia mengharapkan dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam pertanian. Guna menunjang para petani dalam menjalankan produksi pangan di Kota Idaman, baik itu saat proses pengolahan lahan hingga penjualan hasil pertanian.

“Harapan kami adalah, petani mendapat fasilitas dan mendapat dukungan. Sehingga petani tidak banyak berpikir, namun berfokus pada menanam dan produksi. Tapi untuk hasil, sudah ada yang menyerap,” tandas Tino.

Selain itu, dukungan infrastruktur juga diharapkan para petani yang disampaikan kepadanya. Guna meningkatkan produktivitas petani, yang diproyeksikan akan mampu panen sebanyak dua kali dalam satu tahun.

“Ketika petani merasa lahannya bermanfaat, dan menghasilkan yang baik untuk keluarga. Tidak ada niat untuk menjual atau mengalihfungsikan,” tuntasnya. (FN)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA