Bank Kalsel Raih Penghargaan Kinerja KUR Terbaik

waktu baca 2 menit
Selasa, 5 Des 2023 19:11 0 115 Andy Arfian

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Komitmen dan konsistensi Bank Kalsel dalam membantu pertumbuhan ekonomi daerah melalui pemberian kredit usaha kecil dan menengah membuahkan hasil manis. Hal ini terlihat dari penghargaan yang diberikan Pemprovinsi Kalimantan Selatan beserta Kantor Wilayah Departemen Perindustrian dan Perdagangan kepada bank tersebut sebagai bank dengan kinerja terbaik kedua dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat pada tahun 2023.

Penghargaan yang ditandatangani langsung oleh Gubernur beserta Kepala Kantor Wilayah tersebut diserahkan pada acara penyerahan rencana anggaran dan alokasi dana ke daerah untuk tahun 2024 di Kota Banjarmasin beberapa waktu lalu. Direktur Utama Bank Kalsel yang menerima penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh pemerintah provinsi dan kantor wilayah terkait.

“Ini tentunya semakin memotivasi kami untuk terus konsisten dalam melakukan penyaluran KUR kepada pelaku UMKM yang ada di Banua. Dengan demikian harapan kita ekonomi Kalsel bisa terus bergerak menjadi semakin maju,” tegasnya.

Bank Kalsel tidak semata-mata fokus pada penyaluran kredit KUR. Namun juga secara konsisten memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM di Kalimantan Selatan. Pembinaan dilakukan melalui beragam kegiatan seperti pelatihan, lokakarya, mentoring, hingga kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Program pemberdayaan ini bertujuan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas pelaku usaha kecil dan menengah agar bisnis mereka semakin maju dan berkelanjutan. Melalui dukungan komprehensif tersebut, diharapkan semakin banyak UMKM di Kalsel yang berkembang dan mampu bersaing di tingkat nasional.

“Dengan pembinaan yang kita lakukan, harapan kita UMKM yang ada di Banua dapat semakin professional dan berkembang usaha mereka. Ujungnya mereka tidak hanya memerlukan tambahan modal usaha tapi juga mampu memberikan kontribusi lainnya untuk daerah, baik itu penyerapan tenaga kerja hingga kontribusi melalui pembayaran pajak,” tambahnya.

Berdasarkan data kredit usaha rakyat (KUR) dan ultra mikro (UMi) di Kalimantan Selatan hingga akhir Oktober 2023 adalah:

– KUR telah disalurkan kepada 70.901 debitur dengan nilai Rp4,10 triliun, melalui 10 bank dan 1 lembaga keuangan bukan bank.

– Sedangkan untuk kredit UMi, jumlah yang disalurkan mencapai Rp54,84 miliar kepada 13.449 debitur oleh 7 lembaga keuangan bukan bank.

Jadi dalam rangka mendukung pertumbuhan usaha mikro dan kecil di Kalimantan Selatan, program KUR dan UMi terus digalakkan dengan jumlah penerima manfaat serta nilai kredit yang terus meningkat hingga akhir Oktober 2023. Hal ini diharapkan dapat semakin memacu perekonomian di tingkat pelaku usaha kecil di provinsi tersebut. (RLS/AY)

 

Editor: Andy Arfian

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA