Bak Tradisi Turun Temurun, Warga Banjarmasin Bagikan Ribuan Bubur Asyura

waktu baca 2 menit
Senin, 8 Agu 2022 20:20 0 148 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Setiap 10 Muharram, warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan akan beramai-ramai membuat bubur asyura atau bubur dengan campuran 41 macam sayur dan rempah.

Hampir setiap RT beberapa kelurahan di Banjarmasin membuat bubur asyura untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat. Dana yang digunakan pun merupakan hasil urunan keliling para ibu-ibu.

“Ini kegiatan rutin tahunan, dilakukan oleh ibu-ibu setempat dan urunan agar bisa dibuat bubur,” ujar salah seorang warga Alalak Selatan, Banjarmasin Utara, Aisyah, Senin (8/8/2022).

Dirinya pun mengaku senang kala memasak bubur bersama dengan para tetangga. Hal itu membuat kekompakan serta kebersamaan bertetangga semakin erat berasa.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Sama halnya dengan warga Komplek Uvaya, Banjarmasin Selatan, Misnawati yang turut mengolah puluhan liter beras menjadi bubur untuk dibagikan.

“Karena ini tradisi, jadi setiap 10 Muharram bikin bubur. Campurannya banyak, ada macam-macam sayuran serta tambahan lauk,” terangnya.

Dirinya pun menyebut bahwa untuk tahun ini, berhasil membagikan sebanyak ratusan bungkus bubur. Yang akan dibagikan pada sore hari jelang waktu Magrib.

“Biasanya ada yang berpuasa, jadi kita bagikan sore untuk menu berbuka puasa. Diantar ke rumah-rumah atau disuruh ngambil di tempat,” katanya.

Persiapan memasak pun dilakukan mulai pagi hari, yang mana ibu-ibu akan pergi ke pasar untuk membeli bahan baku. Kemudian mengolahnya menjadi santapan dengan bumbu khas.

“Dari jam 9 sampai selesai, jadi ibu-ibu rumah tangga ngumpul di sini buat masak. Sekalian menyambung silaturahmi sama tetangga,” pungkasnya. (KN)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA