harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Badut Jalanan Dicap sebagai Pengemis, Apa Alasan Satpol PP Banjarbaru?

waktu baca 2 menit
Minggu, 19 Mar 2023 08:41 0 194 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Badut yang kerap kali berseliweran di jalanan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) kini dicap sebagai pengemis.

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Satpol PP Banjarbaru, Hidayaturahman melalui Kepala Seksi Opsdal, Yanto Hidayat saat dihubungi pojokbanua.com pada Sabtu (18/3/2023) siang.

“Dasarnya, mereka tak menyajikan hiburan. Mereka hanya menggunakan pakaian badut, kemudian dengan mengandalkan belas kasihan dan menerima uang,” ucapnya.

Kata dia, pihaknya kerap kali menindak para badut jalanan yang didapati tengah beraktivitas di sudut kota. Sanksi yang dikenakan sendiri, yaitu para badut jalanan harus menitipkan pakaian badutnya dengan jangka waktu tertentu.

“Ada yang tiga bulan, enam bulan dan bahkan permanen. Kalau mereka berkali-kali tetap melakukannya,” beber Yanto.

Disinyalir, para badut jalanan yang kerap kali didapati Satpol PP Banjarbaru ini berasal dari daerah tetangga, seperti Banjarmasin hingga Kabupaten Banjar.

“Bahkan, ada badut jalanan yang berulang-ulang kita temui. Tapi ada yang baru satu atau dua kali kita dapati. Kalau yang didapati berulang-ulang, sanksinya jelas yaitu menyita kostum secara permanen dan membuat surat pernyataan,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu warga Banjarbaru, Faizah Abdiah mengaku risih dengan keberadaan badut jalanan. Kendati diakui, sejak awal kemunculannya, tujuan badut jalanan hanyalah sebatas hiburan untuk anak-anak.

“Kadang mereka berada di pinggir jalan, yang otomatis mengganggu pengguna jalan lain dan risikonya sangat besar. Disinyalir badut jalanan ini membawa anak kecil, yang kita takutkan adalah oknum badut ini menggunakan anak untuk mengeksploitasinya,” tuturnya.

Faizah sendiri mendukung upaya Satpol PP Banjarbaru, yang selama ini menertibkan para badut jalanan. “Agar kita bisa membedakan, mana yang memang badut untuk hiburan, dan mana yang pengemis,” tutupnya. (FN/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA