iklan di pojokbanua

Atasi Stunting, Kecamatan Banjarbaru Utara Luncurkan Program ‘Rabu Penting’

waktu baca 2 menit
Kamis, 18 Apr 2024 18:32 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Upaya pencegahan dan penanganan stunting di Banjarbaru terus dilakukan. Salah satunya adalah program ‘Rabu Penting’ yang merupakan akronim dari ‘Gerakan Dua Ribu Pencegah Stunting’.

IMG-20240616-WA0002

Inovasi yang ditelurkan oleh Kecamatan Banjarbaru Utara ini, telah berjalan selama dua bulan terakhir. Namun, baru diluncurkan di Kantor Kecamatan Banjarbaru Utara, Jalan Pangeran Suriansyah pada Kamis (18/4/2024), bertepatan dengan momentum hari jadi (harjad) ke-25 Kota Banjarbaru.

Camat Banjarbaru Utara, Sofyan Hendratno menjelaskan program ini. Di mana, uang sebesar Rp2 ribu dihimpun dari masyarakat melalui Tim Penggerak PKK untuk disalurkan kepada Yayasan Mentaos Peduli.

“Lewat yayasan itu, dana disalurkan kepada ibu-ibu hamil. Tetapi yang melaksanakan adalah Tim Penggerak PKK yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan khususnya Puskesmas Loktabat Utara, Puskesmas Banjarbaru Utara dan Puskesmas Sungai Ulin,” ujarnya kepada awak media.

Sofyan menjelaskan, program ini dilaksanakan mulai dari ibu saat hamil, dengan cara diberi asupan gizi berupa susu dan makanan tambahan. Ibu hamil pun mendapat pemantauan dari puskesmas terdekat, guna memastikan sang anak tidak mengalami stunting saat melahirkan.

“Sampel kita mengambil 3 orang ibu hamil, karena kebutuhan untuk satu bulan cukup besar yakni hampir Rp1 juta. Sehingga, kita mengumpulkan uang Rp2 ribu dari sumbangan masyarakat Kecamatan Banjarbaru Utara,” jelasnya.

Adapun program ini bersifat penghimpunan dana, sementara pihak kecamatan mencari ibu hamil. Sofyan berharap kegiatan ini dapat berlanjut, terlebih saat ibu telah melahirkan.

“Kita lihat setelah ibu melahirkan dan akan terlihat, apakah ibu itu melahirkan stunting atau tidak dengan intervensi dari kita,” imbuhnya.

Sementara, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin menyambut baik peluncuran program ‘Rabu Penting’ oleh Kecamatan Banjarbaru Utara. Ia berharap partisipasi dan kontribusi seluruh elemen yang ada di Banjarbaru untuk bersama-sama mencegah stunting.

“Dimulai dari hal yang kecil yakni Rp2 ribu, berdampak kepada yang besar. Mudah-mudahan dengan program ini, penanganan stunting menjadi baik, masyarakat kita terbebas dari stunting, sehingga kita melahirkan generasi unggul di Banjarbaru,” lugasnya.

Di sela peluncuran program ‘Rabu Penting’, Kecamatan Banjarbaru Utara juga menyelenggarakan pasar murah dan pemeriksaan kesehatan gratis. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA