iklan di pojokbanua

APK Bacaleg Makin Marak, Bawaslu Banjarbaru; Mereka Belum Ditetapkan

waktu baca 2 menit
Senin, 19 Jun 2023 07:37 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Keberadaan alat peraga kampanye (APK) sejumlah bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Pemilu 2024, makin marak di sudut Kota Banjarbaru.

Pantauan pojokbanua.com di ruas Jalan A. Yani Kilometer 20, Kecamatan Liang Anggang, sejumlah APK terlihat terpasang di sisi kiri kiri jalan, atau tepat di Bundaran Liang Anggang Banjarbaru.

Saat dikonfirmasi, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarbaru Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Yuniarti mengakui bahwa jajarannya belum bisa menertibkan APK para bacaleg yang makin marak itu.

Lalu, apa alasannya? “Karena mereka yang menggunakan APK, belum ditetapkan sebagai calon tetap. Daftar calon sementara saja belum, apalagi daftar calon tetap, sehingga kami belum menindaklanjuti,” ujarnya saat ditemui pojokbanua.com di ruang kerjanya, Jumat (16/6/2023) siang.

Komisioner yang akrab disapa Yuni ini mengatakan, dalam suatu pelanggaran pemilu, maka ada objek dan subjek pelanggaran. Namun, dalam kasus APK kali ini, Bawaslu Banjarbaru belum menemukan objek maupun subjek pelanggaran.

“Walaupun kita tahu, yang memasang reklame itu dari satu dukungan. Namun mereka (bacaleg) belum ditetapkan KPU. Itu yang mendasari kami tidak dapat bertindak,” jelasnya.

Sementara itu, jika ada spanduk yang terpasang di depan rumah ataupun suatu tempat usaha dengan disertai gambar bacaleg, Yuni menyebut hal itu dikembalikan kepada pemilik rumah atau tempat usaha tersebut.

“Kalau tidak keberatan, tidak apa-apa. Karena yang dilarang itu adalah di tempat umum atau fasilitas umum, tempat ibadah, sekolah,” bebernya.

Perihal petunjuk teknis (juknis) penertiban APK sendiri, Yuni mengungkapkan bahwa jajarannya menunggu saat para bacaleg telah ditetapkan oleh KPU. Pada saat penetapan nantinya, Bawaslu Banjarbaru dapat melakukan penindakan terhadap APK para bacaleg.

“Kami akan bergerak, jika para bacaleg sudah ditetapkan, maka sudah masuk tahapan kampanye. Maka kami akan segera menindaklanjuti,” tutupnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA