iklan di pojokbanua

Antisipasi Lonjakan Warga Isoman Omicron, Dewan Banjarbaru Minta Pasokan Obat Aman

waktu baca 2 menit
Rabu, 16 Feb 2022 15:02 0 Hasanuddin

POJOKBANUA, BANJARBARU – Sejumlah warga Banjarbaru melakukan isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19 varian Omicron.

Wakil Ketua Komisi 3 DPRFD Banjarbaru, Emi Lasari meminta pemerintah kota (pemko) melalui dinas kesehatan (dinkes) mengamankan pasokan obat-obatan.

“Suplai obat-obatan kepada pelaku isoman harus diprioritaskan. Sebab, mereka yang menjalani isoman karena Omicron ini tak lama. Paling lama sepekan. Varian ini tidak seperti Delta,” ujarnya, Rabu (16/2/2022).

Menurutnya, penyebaran Omicron cukup masif. Namun, tidak seperti Delta. Untuk penyembuhannya pun tergolong mudah dibanding varian Covid-19 lainnya.

“Itu menurut informasi dari warga yang menjalani isoman, hanya sepekan. Tapi nanti kita lihat panduan resmi dari pemerintah, berapa hari yang ditetapkan untuk pelaku isoman Omicron ini,” ucapnya.

Dengan suplai obat-obatan terpenuhi, jumlah warga yang dirujuk ke rumah sakit pun berkurang. “Cukup menjalani isoman, tapi pasokan obat harus terpenuhi,” lanjutnya.

Selain itu, sumber daya manusia (SDM) di tingkat puskesmas yang melayani warga isoman juga harus tercukupi.

“Jangan sampai ketika terjadi ledakan, kita kewalahan,” imbuhnya.

Emi bilang, ketersedian susu dan sembako juga harus terpenuhi, jangan sampai kosong. “Kemarin saya cukup susah mencari susu formula. Nah, ini harus ditindaklanjuti oleh pemko melalui dinkes,” sebutnya.

Intinya, treatment varian Omicron ini berbeda dengan Delta. Artinya, yang harus diantisipasi adalah potensi ledakan warga isoman.

Selebihnya, bagaimana membangun kesadaran masyarakat untuk tidak terlalu ketakutan terhadap virus. Sebab, sudah dua tahun ini bergelut dengan pandemi.

“Bangun rasa kepedulian terhadap warga isoman. Artinya, satu RT bisa saling membantu untuk menyiapkan logistiknya. Supaya tidak hanya berharap pada pemko saja,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Legislator PAN ini juga membagikan bantuan kepada warga isoman Omicron berupa buah, suplemen daya tahan tubuh, serta sembako.

“Untuk bantuan ini, saya hanya mengupayakan apa yang bisa diberikan dalam waktu dekat kepada warga yang isoman,” tuntasnya. (SB/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA