iklan di pojokbanua

Antisipasi Kasus Pembuangan Bayi, Peran Linmas di Kelurahan Bakal Dimaksimalkan

waktu baca 2 menit
Jumat, 28 Apr 2023 13:19 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Kasus dugaan pembuangan bayi di Banjarbaru menjadi alarm bagi Satpol PP Banjarbaru, dalam memaksimalkan peran Perlindungan Masyarakat (Linmas) di lingkungan kelurahan.

IMG-20240616-WA0002

Kepala Satpol PP Banjarbaru, Hidayaturahman mengklaim, jajarannya sudah cukup maksimal dalam melakukan patroli cipta kondisi, dengan salah satu targetnya adalah keberadaan indekos di Kota Idaman. Selain tentunya kembali mengaktifkan peran Linmas di tengah masyarakat.

“Personel kami ada yang melaksanakan patroli cipta kondisi, ada juga yang patroli di lingkungan perumahan,” ujar Dayat, sapaan akrabnya kepada pojokbanua.com, Jumat (28/4/2023) pagi.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), personel Linmas diberikan surat keputusan (SK) di tiap kelurahan. Sehingga personel Linmas memiliki dasar dalam menjalankan tugas di lingkungan masyarakat.

“Kita sudah punya SK untuk Linmas. Saat ini kita perbarui kembali, salah satunya karena ada pergantian personel,” tambah Dayat.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Linmas, Denny Mahendrata menambahkan, personel Linmas yang berada di tiap kelurahan bakal direstrukurisasi. Hal ini mengacu pada Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tibum, Tranmas dan Linmas.

“Dari (Permendagri) itu, nanti kita restrukturisasi tupoksinya dan akan kita terapkan kepada teman-teman Linmas di tiap kelurahan,” tutur Denny.

Selain itu, guna memudahkan koordinasi dan konsultasi personel Linmas, dia memastikan akan dibentuk Satgas Kota yang akan dibentuk oleh Satpol PP Banjarbaru.

Denny menerangkan, belajar dari kasus pembuangan bayi yang marak di Banjarbaru, jajarannya akan menyinergikan dengan tugas personel Linmas yang berada di wilayah hukum kelurahan.

“Salah satunya adalah, mereka (personel Linmas) akan kita arahkan untuk intensif memberdayakan masyarakat di wilayah hukum mereka untuk ikut mengaktifkan kembali keberadaan pos ronda,” terangnya.

Harapannya, dengan masifnya peran Linmas serta poskamling, pergerakan orang di lingkungan perumahan maupun perkampungan di masyarakat bisa terdeteksi sedini mungkin. Terlebih bagi orang yang tak dikenal oleh masyarakat setempat.

“Nantinya mudah terpantau, karena biar bagaimanapun juga dengan adanya poskamling ini, pasti diikutsertakan juga dengan aturan orang keluar masuk lingkungan masyarakat,” lugas Denny.

“Paling tidak, itu nanti akan membuat orang menjadi berhati-hati dan tak sembarangan lagi keluar masuk ke lingkungan masyarakat, karena lebih terpantau,” tuntasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA