iklan di pojokbanua

Ada Bukit Bernama Mamake dan Papake di Kotabaru, Nikmati Keindahan Alamnya

waktu baca 2 menit
Minggu, 20 Nov 2022 09:43 0 Nanang Apidae

POJOKBANUA, KOTABARU – Bukit Mamake dan Papake di Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) belum lama ini dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Salah satu destinasi andalan Kabupaten Kotabaru ini, ke depan akan dikenal secara nasional bahkan internasional.

Dilansir dari Elshinta.com, Minggu (20/11/2022), Bukit Mamake, Papake yang dikenal sebagai wisata olahraga paralayang dan wisata alam lainnya juga dapat menikmati matahari terbenam (sun set) dan matahari terbit (sun rise). Serta, keindahan alam lainnya ada juga yang berkemah bermalam di bukit tersebut.

Kawasan pegunungan yang sering disebut Bukit Mamake merupakan obyek wisata yang sering dikunjungi dan memiliki panorama yang indah dengan dikelilingi pantai serta laut di Kotabaru.

Bukit Mamake berlokasi di antara dua desa yaitu Sarang Tiung dan Tirawan, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru. Waktu perjalanan menuju Bukit Mamake dari pusat perkotaan hanya sekitar 30 menit saja sampai puncak.

Menurut Bahtiar, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pordarwis) Sarang Tiung mengatakan, areal bukit Mamake dan Papake ini sekitar 48 hektare. “Kunjungan wisata ini dimulai dibuka pakai tiket bulan Desember tahun 2021,” ucapnya.

Ia menambahkan, rata-rata pengunjung ke Bukit Mamake dan Papake di hari biasa sekitar 500 orang. Dalam penjualan tiket tersebut, satu paket yaitu Bukit Mamake dan Bukit Papake para pengunjung bebas dan juga parkir gratis.

“Dalam kunjungan rata-rata jam empat sore sambil santai-santai para penjung sembil menunggu tenggelamnya matahari (sunset) ada yang berkemah dan ada yang tidak,” kata Bahtiar.

Rencananya, akan dibangun penambahan fasilitas toilet, sumur bor dan gazebo. “Selain dari Arutmin, juga mengajuan dari Bank Negara sekitar targetnya 30 buah gazebo, kalau untuk jembatan kaca dibantu APBD,” lanjutnya.

Dian Oktavia Putri bersama teman-teman mahasiswa pengunjung di Bukit Mamake mengaku, wisata itu sangat indah sekali dan akan berencana berkemah.

“Saya sedang bersama teman-teman berkunjung ke Bukit Mamake dan sudah tahu tempatnya. Sangat benar, indah sekali dan berencana berkemah. Yang menarik ini puncak Kotabaru, kita bisa melihat laut dan pemukiman penduduk sangat indah,” ucap Dian. (NS/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA