iklan di pojokbanua

Abaikan Surat Imbauan, Warung Malam di HST Diduga Langgar Jam Operasional

waktu baca 2 menit
Senin, 25 Sep 2023 16:49 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Pasca disosialisasikannya surat imbauan pembatasan jam operasional warung malam di Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), para pemilik warung malam diduga melanggarnya.

Pantauan di Desa Tembok Bahalang, masih banyak warung malam di sepanjang jalan umum terus beroperasi hingga melewati waktu yang telah ditentukan dan menghiraukan imbauan tersebut.

Imbauan yang ditandangani Polsek, Koramil dan Kecamatan BAS itu tidak hanya mengatur jam operasi hingga pukul 00.00 Wita, namun juga cara berpakaian para penjaga dan penerangan di warung malam juga masih tidak ada perubahan. Lantas, hal itu pun jadi sorotan masyarakat.

“Cara berpakaian para penjaga warung malam juga masih pakaian yang seksi-seksi, penerangan juga sama, lampu kelap-kelip dan sama sekali tidak terang,” kata warga setempat, Anto, Senin (25/09/2023).

Anto menyoroti, tak ada gunanya surat imbauan ini apabila tidak ada tindakan tegas. Ia pun mempertanyakan apakah surat tersebut hanya sebagai pajangan semata atau memang untuk ditaati dan dijalankan demi kenyamanan bersama.

“Ini harus ada tindakan dari instansi atau lembaga yang memiliki wewenang. Satpol PP, bergerak dong, jangan tunggu ada perkelahian, pembunuhan, mabuk-mabukan baru bergerak. Sudah terlambat itu,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek BAS, Ipda Bahrudin mengakui sedang berkordinasi dengan pihak Kecamatan untuk melakukan tindakan. Pihaknya mengaku hanya bertugas untuk mengimbau, soal melanggar imbauan sebetulnya itu ranah Kecamatan dalam hal ini Satpol PP.

Lebih lanjut, apabila tidak ada tindakan dari Satpol PP, maka Polsek akan berkordinasi dengan Koramil untuk bertindak. Pihaknya mengaku terus memantau dan mengawasi melalui patroli tiap malam dan memang didapat kegiatan warung masih masih seperti biasa.

“Surat imbauan itu sudah kita sosialisasikan isinya. Jadi, bila masih melanggar berarti terkesan tidak mau untuk diatur. Kami koordinasikan kembali dengan pihak terkait, pemerintah daerah kecamatan untuk bisa bertindak lebih tegas lagi, karena aturannya ada di pemerintahan setempat,” jelas Kapolsek.

Terpisah, Kasat Pol PP HST, Subhani mengaku, pihaknya dalam waktu dekat akan turun langsung ke lapangan melakukan penertiban terhadap warung malam yang melanggar jam operasional.

Terkait penindakan, pihaknya mengacu dengan Perda Nomor 14 tahun 2012 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Kami akan melaksanakan operasi warung malam dalam waktu dekat, apabila melanggar perda akan kami tindak,” tutupnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA