iklan di pojokbanua

50 Barista Uji Kebolehan Racik Kopi pada Ajang Murakata Coffe Festival

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Mar 2023 15:14 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Sebanyak 50 Barista dari berbagai daerah uji kebolehan dalam meracik kopi dalam ajang Murakata Coffe Festival di Balai Rakyat HST, Kamis (16/3/2023).

Terlaksananya kegiatan itu merupakan buah dari kolaborasi dengan Pemkab HST yang bertujuan untuk mewadahi para penggiat kopi di Kalimantan, khususnya di Kota Barabai, serta sebagai ajang silaturahmi dan bertukar pikiran. Pelaksanaannya dimulai tanggal 15 hingga 17 Maret 2023.

Ketua Panitia yang juga Owner Hero Kaffe & Roastery, Andika Dwi Octavianto mengatakan, rangkaian acara tersebut ada manual brew competition, latter art battle, coffe and food tenant, workshop, talkshow dan live music.

“Diikuti 50 orang peserta dari berbagai daerah di Kalimantan. Barabai, Kandangan, Amuntai, Balangan, Tanjung, Tapin, Banjarbaru, Banjarmasin, Batulicin, Buntok dan Palangkaraya,” ujarnya.

Lebih lanjut, acara seperti ini juga untuk mewadahi para barista di Kalimantan untuk menunjukkan kemampuannya di bidang kompetisi kopi. Sehingga nantinya mampu mewakili Kalimantan di skala nasional maupun internasional.

Selain itu, katanya, juga bisa mewadahi petani-petani kopi yang ada di HST untuk menampilkan hasil pertanian berupa kopi. Pihaknya pun juga memperkenalkan kopi asli dari HST yang akhir-akhir ini sangat gencar dikembangkan oleh Pemkab HST.

“Semoga ke depannya kopi ini bisa menjadi industri yang berkembang pesat di HST dan bisa menjadi sektor yang mampu menambah pendapatan daerah. Serta diharapkan acara ini bisa menjadi agenda rutin Pemkab HST, agar bisa mengembangkan biji kopi ini sendiri, tentunya UMKM di sini,” harapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sahruli yang mewakili Bupati HST mengatakan, salah satu jenis usaha tani yang gencar dikembangkan di HST yakni budidaya perkebunan kopi.

“Mengingat meningkatkan produk kopi sebagai salah satu kuliner yang diminati masyarakat berbagai kalangan,” jelasnya.

Menurutnya, sangat perlu edukasi cara membuat kopi yang benar, sehingga menjadi nilai lebih, dari cita rasa hingga penyajian.

“Salah satu upaya untuk memaksimalkan potensi HST sebagai wisata yang memiliki keunikan yakni melalui kegiatan ini. Kami sangat menyambut baik atas digelarnya kegiatan ini, semoga kerjasama yang penuh kekompakan dan kekeluargaan ini terus berkelanjutan,” tutupnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA