iklan di pojokbanua

21 Unit Motor Curian Diamankan Polres Banjarbaru, Empat di Antaranya Aset Pemprov Kalsel

waktu baca 3 menit
Jumat, 17 Mei 2024 13:46 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Tindak pidana dugaan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berhasil diungkap Polres Banjarbaru. Tercatat ada 21 unit sepeda motor yang berhasil diamankan polisi.

Diakui Wakapolres Banjarbaru, Kompol Winda Adhiningrum, aksi dugaan curanmor belakangan marak terjadi di Banjarbaru. Tercatat ada tiga laporan dugaan curanmor dari masyarakat sejak April hingga Mei 2024.

“Sudah terdapat beberapa laporan dan pengaduan yang masuk dan diterima terkait curanmor ini,” ujarnya kepada awak media dalam jumpa pers di Polres Banjarbaru, Jumat (17/5/2024) siang.

Laporan pertama diterima dari Syahida Norkhalifah, yang mengalami kehilangan sepeda motor di Jalan Puyau, Kelurahan Sungai Besar, Kecamatan Banjarbaru Selatan, dengan pelaku berinisial MR yang diamankan di Banjarmasin.

Dari hasil interogasi, MR melakukan aksi curanmor sejak Desember 2023 dan melaksanakan aksinya seorang diri, dengan cara berputar mencari sasaran dengan kendaraan bermotor (ranmor). Usai mendapati target, MR menaruh motornya di tempat lain, dan mendatangi target dengan jalan kaki ataupun ojek online.

“Pelaku menggunakan satu buah kunci T yang telah dipersiapkan dan selalu dibawa ke manapun pelaku pergi,” beber Winda.

MR diketahui melakukan aksinya di Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut (Tala) dan Kabupaten Banjar. Tak lama, pengembangan aksi dugaan curanmor dilakukan secara gabungan bersama Polres Banjar dan Polres Tala.

Dari hasil pengembangan secara gabungan, polisi berhasil meringkus seorang pria berinisial MI (24) di Kabupaten Tala. Hasil pengungkapan dugaan curanmor, didapati 15 unit ranmor di Kabupaten Tala dan 4 unit ranmor di Banjarmasin.

Wakapolres Banjarbaru, Kompol Winda Adhiningrum (tengah) didampingi Kasat Reskrim Polres Banjarbaru, Iptu Zuhri Muhammad (kanan) saat menunjukkan barang bukti. (Foto: Fikri Noor/pojokbanua.com)

Winda menjelaskan, Polres Banjarbaru juga berhasil mengungkap dua perkara curanmor lainnya dari dua laporan berbeda. Perkara pertama yakni laporan dari warga bernama Achmad Dwi Sofyanto yang kehilangan ranmor di Jalan Golf, Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kecamatan Liang Anggang pada Senin (6/5/2024) lalu.

“Tersangka berinisial MAH, dengan motif hasil pencurian digunakan untuk bermain judi online model slot,” bebernya.

Perkara kedua yakni dengan tersangka SY dan MJ, yang diduga mencuri ranmor inventaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Selatan (Kalsel). Keduanya melancarkan aksinya mencuri dua unit ranmor inventaris itu pada Maret 2024 lalu.

“Kedua pelaku juga melakukan kegiatan yang sama, yaitu pencurian ranmor di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalsel. Barang bukti yang berhasil didapatkan berupa dua sepeda motor,” lugas Winda.

Adapun 21 sepeda motor diamankan dari empat orang tersangka pencurian dan tiga orang tersangka penadahan. Sehingga, Winda pun meminta masyarakat untuk waspada dengan aksi curanmor yang mulai marak di Ibu Kota Kalsel ini.

“Kami imbau masyarakat agar selalu menggunakan kunci ganda setiap memarkirkan kendaraan, dan juga tidak membeli ranmor yang tidak lengkap surat-suratnya walau dengan harga murah,” tutup Winda. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA