iklan di pojokbanua

10 Manfaat yang Terkandung Dalam Buah Semangka

waktu baca 3 menit
Minggu, 30 Jul 2023 10:00 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, JAKARTA –
Tak hanya menyegarkan saat dimakan, semangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat semangka yang bisa didapat di antaranya yaitu memelihara kesehatan.

IMG-20240616-WA0002

Hingga mencegah berbagai penyakit, karena semangka merupakan buah yang mengandung berbagai sumber nutrisi lengkap. Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari detik.com.

Manfaat Semangka

Mengonsumsi sepotong semangka segar bisa membuatmu mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari mencegah asma hingga memelihara kesehatan ginjal.

1. Mencegah Asma
Mengutip buku Ensiklopedi Makanan dan Gizi Buah-buahan, manfaat semangka yang pertama yaitu mencegah penyakit asma.

Meski bukan menyembuhkan asma, semangka bisa mencegah tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma.

Kandungan vitamin C nya yang tinggi secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah gangguan pernapasan.

2. Mengatasi Sembelit
Semangka memiliki kandungan serta dan air yang tinggi. Sehingga semangka bisa mengatasi masalah sembelit, terutama yang disebabkan karena kekurangan serat larut dalam usus.

Serat yang terdapat dalam semangka dapat membentuk gel alami pada usus besar. Ini berpengaruh pada kelancaran penyerapan nutrisi dan buang air besar.

3. Mencegah Peradangan
Peradangan pada organ tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Semangka memiliki kandungan senyawa kolin yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh menciptakan efek santai dan memperbaiki ingatan otak.

Senyawa kolin yang ada di semangka juga berperan untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu pengiriman sinyal saraf otak dan motorik, serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

4. Menangkal Kanker
Semangka mengandung sumber vitamin C dan zat likopen. Keduanya sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker.

Semangka bisa menjadi sumber antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik untuk penderita kanker prostat dan beberapa jenis kanker lainnya.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Orang-orang yang mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi disarankan untuk memakan semangka secara rutin.

Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung.

6. Mencegah Dehidrasi
Dehidrasi merupakan salah satu jenis kelainan akibat tubuh kekurangan asupan air mineral. Semangka bisa dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan air dan menyegarkan.

Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh lemah, tidak bertenaga hingga kurang konsentrasi. Selain itu kekurangan air dapat membuat ginjal bekerja lebih berat.

7. Memelihara Kesehatan Ginjal
Mengutip buku Manfaat Buah, semangka memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk membersihkan zat-zat racun pada ginjal. Semangka juga bisa mengurangi kadar asam urat yang menekan risiko pembentukan batu ginjal.

8. Mencegah Sariawan
Timbulnya sariawan bisa disebabkan oleh bakteri di rongga mulut yang kering. Mengonsumsi semangka bisa memberikan konsumsi air dan vitamin yang akan mengurangi perkembangbiakan bakteri di mulut.

Untuk pencegahan sariawan, kamu bisa mengkonsumsi semangka dengan buah yang memiliki kandungan vitamin C lainnya seperti jeruk atau jambu biji.

9. Membuat Kulit Lembut dan Halus
Tak hanya mencegah berbagai penyakit di dalam tubuh, semangka juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Vitamin A dalam semangka bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab. Tentunya ini akan mencegah kulit terlihat kusam dan kurang nutrisi. Selain itu, vitamin A juga bisa memperbaiki sistem jaringan sel tubuh pada bagian rambut dan kulit.

10. Mengatasi Nyeri Otot
Semangka mengandung asam amino citruline yang memiliki efek untuk meredakan nyeri otot.

Senyawa ini bisa membuat otot tubuh menjadi lebih santai, sehingga meredakan ketegangan. Inilah yang membuat semangka sangat efektif dikonsumsi atlet setelah melakukan pertandingan.

Kandungan Buah Semangka

Menurut buku Bertanam Semangka, buah semangka mengandung banyak air, yaitu sebanyak 92 persen. Berikut kandungan zat gizi pada buah semangka per 100 gram.

Energi: 28 kal
Air: 92,1%
Protein: 0,5 gr
Lemak: 0,2 gr
Karbohidrat: 6,9 gr
Vitamin A: 590 SI
Vitamin C : 6mg
Niasin: 0,2 mg
Riboflavin: 0,05 mg
Tiamin: 0,05 mg
Abu: 0,3 mg
Kalsium: 7 mg
Besi: 0,2 mg
Fosfor 12 mg

Itulah berbagai manfaat yang bisa didapat dari buah semangka. Yuk rajin mengonsumsi buah untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA